KETERANGAN PERS PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA ATAS KEMENANGAN SENATOR BARRACK OBAMA


KETERANGAN PERS

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

ATAS KEMENANGAN SENATOR BARRACK OBAMA

PADA PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT

DI ISTANA MERDEKA, JAKARTA

TANGGAL 4 NOVEMBER 2008

 

Baik, saudara-saudara, saya akan mengeluarkan statement untuk menjawab pertanyaan para wartawan tadi pagi, apakah saya bisa mengeluarkan statement dengan telah diketahuinya hasil pemilihan presiden di Amerika Serikat. Saya katakan tadi pagi, saya menunggu dulu pernyataan dari Senator McCain karena biasanya dalam pemilihan presiden seperti ini, bagi yang kalah atau bagi yang tidak menang itu menerima kekalahan itu dan kemudian mengucapkan selamat kepada yang menang. Dan setelah itu lazimnya pula, yang menang bersyukur, mensyukuri hasil itu sambil memberikan penghormatan, menyampaikan rasa hormat kepada kompetitornya yang tidak berhasil dalam pemilihan itu. Ini adalah etika politik, ini adalah fatsun politik. Oleh karena itu saya menunggu betul apakah Senator McCain sudah menyampaikan ucapan seperti itu.

 

Setelah diberitahu Senator McCain telah menyampaikan ucapan selamatnya kepada Senator Barrack Obama, maka pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan selamat kepada Senator Barrack Obama atas keberhasilannya menjadi Presiden Amerika Serikat pada periode mendatang. Saya juga mengucapkan selamat kepada rakyat Amerika yang telah menggunakan hak politiknya untuk menyukseskan pemilihan Presiden tersebut. Saya berharap, Indonesia berharap, hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden yang baru itu dapat ditingkatkan secara lebih konstruktif.

 

Hubungan atau kerja sama atas dasar saling hormat-menghormati dan saling menguntungkan dalam arti membawa manfaat dan keuntungan baik bagi bangsa Indonesia maupun bagi bangsa Amerika Serikat. Saya memiliki keyakinan kita bisa meningkatkan kerjasama yang konstruktif dan adil itu mengingat Indonesia dan Amerika Serikat adalah sama – sama negara demokrasi yang besar. Indonesia ingin ke depan ini Amerika Serikat juga terus meningkatkan peranannya untuk betul-betul membangun perdamaian dan keamanan dunia, membangun perekonomian dunia yang adil, melakukan kerjasama global untuk menanggulangi perubahan iklim maupun pemanasan global.

 

Secara khusus, Indonesia berharap agar Amerika Serikat dengan kepemimpinan yang baru berdiri di depan dan mengambil langkah-langkah yang nyata untuk mengatasi krisis keuangan global yang sedang terjadi dewasa ini, apalagi krisis itu dipicu oleh keadaan atau kasus keuangan di Amerika Serikat sendiri. Saudara-saudara, Sebagai ilustrasi saya mendengar berita bahwa di SD Besuki para guru dan para siswanya ikut bersyukur, ikut bergembira karena barangkali salah satu bekas siswa di SD itu terpilih menjadi presiden Amerika Serikat.

 

Kita tahu Barrack Obama di waktu kecil pernah tinggal kurang lebih 4 tahun di Indonesia dan bersekolah di SD Besuki itu. Tentu ini merupakan kenangan barangkali bagi Presiden Barrack Obama. Beberapa bulan yang lalu Senator Barrack Obama juga mengirimkan buku kepada saya tulisan tangan yang intinya ingin berharap meningkatkan kerjasama Indonesia dengan Amerika Serikat. Mudah-mudahan ini babak baru hubungan Indonesia – Amerika Serikat yang lebih baik lagi, dan betul-betul membawa kebaikan secara adil bagi kedua bangsa. Itulah saudara-saudara pernyataan saya.

 

Terima kasih.

 

The US election result has now been announced with certainty and Senator McCain has also congratulated Senator Obama. I extend our heartfelt congratulation to the people of America for their use enthusiasm in exercising their democratic rights. And I congratulate Senator Barrack Obama for his successful election result.

This is a very historic election for the United States in many ways. It is also of great importance to the world. Indonesia hopes that president-elect Barrack Obama will lead the US as a force for peace, for progress, for spreading good and for reforming the international system. The world community is now bound together in the midst of enormous global challenges, food shortage, energy security, financial crisis and climate change. None of the great issues of our time can be solved without the US on-board, and certainly none of these issues can be solved by the US alone. We need to work together, to deliver a new age of global cooperation. Indonesians have a special affection for president-elect Barrack Obama. He has spent his childhood in Indonesia for some 4 years. He knows our people and our culture.

I look forward to working even more closely with president-elect Barrack Obama to strengthen our bilateral relations and to constructively address the global challenges of the 21st century.

Thank you.

Bangga Jadi Orang Indonesia

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s