Bunga Bangkai Asli Indonesia


 

my INDONESIABunga bangkai atau suweg raksasa merupakan salah satu aset kekayaan alam Indonesia, yang berasal dari kawasan Sumatera atau tepatnya di Bengkulu. Namun sayangnya bunga ini dijadikan ikon pariwisata Malaysia.

Menurut eks Kepala Pusat Konvervasi tumbuhan Kebon Raya Bogor Ir Irawati bunga bangkai hanya tumbuh di Indonesia, tidak ada di negara lain. Namun, banyak orang yang membawanya ke luar negeri.

 

“Jadinya saat ini banyak bunga bangkai di negara-negara lain. Namun, tetap asalnya dari Indonesia,” kata Ir Irawati saat berbincang dengan okezone, Rabu (11/3/2009).

 

Jadi, bunga bangkai yang sudah dibawa ke luar negeri tidak bisa begitu saja diklaim menjadi milik Indonesia. Namun, asal mulanya tetap dari Sumatera.

 

Irawati menjelaskan, dalam dunia botani tidak ada yang seperti hak kekayaan intelektual. Sehingga bisa klaim, bunga ini milik siapa. Namun, setiap ahli botani pasti tahu, asal muasal bunga bangkai.

 

Sebelumnya bunga bangkai dijadikan salah satu ikon pariwisata Malaysia. Hal itu terlihat dari sejumlah foto bunga tersebut di reklame dan website pariwisata Malaysia.

Bangga Jadi Orang Indonesia

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s