Pabrik Gula Di Indonesia


Atas Berkat Rahmat Alloh

Gula merupakan salah satu komoditas utama Indonesia dan menjadi salahPabrik Gula 1865-1872 satu kebutuhan pokok masyaraka. Pabrik gula partikulir dan milik negara di Indonesia mulai bermunculan setelah dimulainya era liberalisme pada masa penjajahan Hindia-Belanda (1870), dengan diperkenalkannya Hak Sewa Tanah untuk penggunaan selama 70 tahun. Sebelumnya, telah berdiri sejumlah pabrik gula sederhana untuk mengolah panenan tebu, yang termasuk dalam komoditi yang diikutsertakan dalam program Cultuurstelsel.

Gula digunakan untuk mengubah rasa makanan atau minuman menjadi manis. Salah satu jenis produk gula yang sering paling sering  dikonsumsi dan mudah dijumpai di pasaran berasal dari saripati tebu (Saccharum officinale) yang diolah di pabrik gula sehingga menjadi butiran kristal gula yang sering kita konsumsi sehari-hari.  Perkembangan industri gula di tanah air ini tidak lepas dari sejarah berdirinya negara Indonesia. Industri gula sudah mulai berdiri sejak jaman penjajahan kolonial Belanda sehingga dapat dikatakan industri gula menjadi salah satu saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia dalam menggapai kemerdekaan. Menurut catatan sejarah, Indonesia pernah mencapai kejayaan dalam produksi gula di tahun 1930an dimana jumlah pabrik gula yang beroperasi adalah 179 pabrik gula. Hal tersebut mengakibatkan Indonesia disebut sebagai salah satu negara penghasil gula terbesar di dunia.

Setelah periode itu perkembangan industri gula nasional mengalami pasang surut yang mengakibatkan membanjirnya gula impor dari luar negeri. Saat ini di Indonesia pengelolaan pabrik tebu milik pemerintah diberikan kepada PTPN X.

Melihat sejarah perkembangannya yang panjang, pabrik gula  memiliki nilai historis tersendiri yang jika dikembangkan menjadi produk pariwisata daerah akan mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat baik kalangan pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum lainnya. Jenis wisata yang paling potensial dikembangkan di daerah di pabrik gula adalah wisata sejarah dengan konsep factory tour. Di dalam rangkaian kegiatan tour tersebut para pengunjung dapat diajak untuk melihat fasilitas-fasilitas yang ada di pabrik gula, proses pengolahan gula dari sari tebu hingga menjadi kristal gula hingga jalan-jalan dengan kereta khas pengangkut tebu (lori) mengelilingi areal perkebunan tebu. Sudah saatnya pemerintah kembali menggalakan wisata sejarah semacam ini agar menjadi sarana pembelajaran bagi para pengunjung khususnya siswa sekolah untuk lebih memahami sekilas jejak perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari kolonial Belanda.

Salah satu contoh pabrik gula yang sudah dijadikan tempat wisata sejarah  adalah pabrik gula Madukismo di Jogjakarta. Pabrik ini tepatnya berlokasi di Des Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Jogjakarta. Pendirian Pabrik Gula Madukismo diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas 90.650 m persegi dari bekas Pabrik Padokan dan 178.70 meter persegi dari tanah pesawahan milik penduduk sekitar. Mengunjungi Pabrik Gula Madukismo seperti membawa anda kembali ke zaman awal era industrialisasi. Bangunan-bangunan berarsitektur tua berdiri tegak dan seolah memberi isyarat tentang sisa kejayaan pabrik tersebut. Mesin-mesin yang digunakan dalam pengolahan tebu di pabrik ini masih menggunakan mesin kuno sehingga ketika masuk ke dalam pabrik, para pengunjung serasa dibawa ke zaman klasik. Pengangkutan tebu dari perkebunan menuju pabrik masih menggunakan kereta lori yang sudah berumur tua. Selain itu di Pabrik Madukismo sering digelar ritual cembengan yang diadakan oleh warga sekitar dan karyawan pabrik. Ritual tersebut digelar untuk memohon berkat kelancaran dalam proses penggilingan tebu. Beberapa pabrik gula tua yang ada di Indonesia milik PTPN X yang kini sedang dikembangkan menjadi objek wisata sejarah diantaranya Watoetoelis, Toelangan, Kremboong (Sidoarjo), Gempolkrep (Mojokerto), Djombang Baru, Tjoekir (Jombang), Lestari (Nganjuk), Meritjan, Pesantren Baru, Ngadiredjo (Kediri) dan Modjopanggoong (Tulungagung).

Bangga Jadi Orang Indonesia

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s