Prestasi Surabaya Di Dunia Internasional


Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya

ASEAN Environmentally Sustainable City Award

Kota Surabaya terus meningkatkan prestasinya, kali ini kota yang mendapat julukan sebagai kota Pahlawan ini meraih penghargaan ASEAN Environment Sustainable City sebagai kota dengan penataan lingkungan berkelanjutan terbaik dibanding kota-kota besar lain di ASEAN.

Ada tiga kriteria dasar yang digunakan dewan juri dalam penilaian yakni penghijuan yang tidak sekedar tampak hijau tetapi sudah berhasi menyejukkan kota, sungai di Surabaya relatif lebih bersih, serta udara di Surabaya dinilai lebih bersih dibanding kota-kota besar lain di ASEAN.

Broadband Learning Center (BLC)

BLC merupakan pembelajaran bagi warga Surabaya supaya melek internet. Fasilitas ini ada di ruang-ruang publik seperti taman, rumah susun. Keberadaan BLC untuk mewujudkan Surabaya Cyber City. Surabaya memenangkan Digital Inclusion ini karena dianggap unggul dalam mengatasi kesenjangan digital. Melalui BLC ini, Surabaya memang menunjukkan bagaimana berkomunikasi dengan warganya secara efisien, cepat dan terintegrasi.

Selain dua penghargaan internasional ini, pada tahun 2012, Surabaya juga meraih penghargaan sebagai kota dengan partisipasi publik terbaik di seluruh Asia Pasifik,  yang diadakan oleh Citynet. Penghargaan ini diterima Surabaya, karena pengelolaan sampah dan kebersihan di Surabaya telah sukses melibatkan berbagai elemen warganya.

kota Surabaya yang digawangi oleh Ibu Risma ini mendapat juara untuk 2 kategori sekaligus, yaitu Data Center melalui Media Center Pemerintah Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Lerning Center. Kompetisi ini diadakan oleh Lembaga Futuregov yang mengadakan penilaian untuk kota-kota di Asia Pasifik, dan penghargaan diterima oleh Bu Risma di Thailand.

Surabaya memenangkan kompetisi ini setelah masuk 50 besar dari 800 kota yang diseleksi, dan kemudian meraih juara untuk 2 kategori itu. Ini berarti Surabaya mengalahkan Singapura, Hongkong, kota di Australia, China dan India. Selain juara di 2 kategori diatas, Surabaya juga masuk nominasi untuk semua kategori.

Surabaya Nominasi Kota Terbaik Dunia

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dijadwalkan melakukan presentasi pengelolaan kota Surabaya di London Inggris pada 17 April 2014 mendatang, karena Surabaya  masuk sebagai nominasi kota terbaik dunia dalam hal pengelolaan lingkungan.

Presentasi itu seputar konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan, pengelolaan lingkungan berbasis partisipasi aktif masyarakat, konsep taman kota, serta konsep pembenahan kebun binatang Surabaya yang dulu pernah jaya di era 70-an.

Wali Kota Surabaya Terbaik Dunia 

 Tri Rismaharini Juga terpilih menjadi wali kota terbaik dunia untuk bulan Februari versi Citymayors.com. Risma dipilih karena dinilai berhasil membawa perubahan signifikan terhadap perkembangan Kota Surabaya, beliau dengan penuh semangat mempromosikan kebijakan di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan.

sejak menjabat wali kota pada 2010 lalu, Risma terus memperjuangkan pengembangan pelabuhan di Jawa Timur yang sudah tersendat sejak 20 tahun lalu. Sejak Risma menjabat wali kota, pengembangan lalu lintas pelabuhan sudah meningkat hingga 200 persen.

Keberhasilan Risma ini merupakan sukses kedua bagi wali kota di Indonesia. Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga pernah dinobatkan menjadi wali kota terbaik dunia. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Tak hanya mengembangkan pelabuhan, Risma juga berhasil mengembangkan ruang terbuka hijau di Surabaya. Sejak dipimpin Risma, Surabaya kini sudah memiliki beberapa taman dengan tema yang berbeda, seperti Taman Persahabatan, Taman Skate dan BMX, sertaTaman Flora. Taman-taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti Wi-Fi, perpustakaan, dan fasilitas olahraga.

Selain di bidang lingkungan, kepedulian Risma terhadap peningkatan kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan masyarakat miskin di Surabaya. Namun, menurut situs ini, Risma juga masih punya pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Salah satunya adalah membenahi sistem dan pengelolaan kebun binatang di Surabaya terkait dengan kematian mendadak sejumlah satwa beberapa waktu lalu.

Taman Bungkul Surabaya menerima penghargaan internasional “The 2013 Asian Townscape Sector Award” 

Penghargaan bergengsi tersebut diterima Risma di Fukuoka, Jepang. Tak hanya memperoleh dukungan dari PBB, penghargaan tersebut juga mendapat dukungan dari UN Habitat Regional Office for Asia and The Pasific, Asia Habitat Society, Asia Townscape Design Society, dan Fukuoka Asia Urban Research Center. Taman Bungkul Surabaya menjadi satu-satunya taman di Indonesia yang meraih penghargaan ini.

Menurut Risma, mungkin ada taman yang lebih indah dari Bungkul. Namun, fungsi sosial, budaya, rekreasi, dan pendidikan Taman Bungkul lebih menonjol. “Mungkin ini yang menjadikan kita menang,” ujarnya. Terdapat pula makam Ki Supo atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Bungkul yang dijadikan sebagai tujuan wisata, baik oleh warga dari Surabaya maupun dari luar Surabaya.

Penghargaan ini merupakan buah manis dari kerja keras Pemerintah Kota Surabaya dalam membangun kembali taman tersebut. Memiliki lahan seluas 10.000 meter persegi, taman ini dilengkapi dengan fasilitas jogging track, taman bermain anak, arena skateboard, dan akses Internet nirkabel. Dari segi sosial, Taman Bungkul merupakan tempat yang sangat kondusif untuk sosialisasi antarwarga.

Bangga Jadi Orang Indonesia

Bangga Jadi Orang Indonesia

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s